Suka Duka Mahasiswa

By:Eyin

Drag and drop me

JRENG!JRENG!Setelah melalui minggu-minggu UAS di semester 3,sekarang saatnya menikmati hasilnya.Seminggu ini akan menanti satu-persatu nilai saya  terisi,semester ini Alhamdulillah ngambil 8 mata kuliah,Harapannya sih gak muluk-muluk,semua nya bernilai A terus IPK cumlaude dan cepat tamat ,nyari kerja dan Nikah*(Dooh maunya).HOSH!!tapi kalo  mau flashback cerita UAS ,jawabannya gelap.banyak soal yang susah ,tak jawab  “mengarang Indah”.meski gitu,saya bangga gan.ini hasil kerja keras saya yang TANPA nyontek .soalnya ya saya tahu,temen-temen saya juga sama gak ngertinya.wes pokoknya saya serahkan ini sama Allah,mudah-mudahan IP dan IPK nya gak nurun(amin..buat yg baca tolong di aminkan ya)haha..

Bicara tentang IP(Indeks prestasi) atau IPK (Indeks Prestasi  Kumulatif) yang saya miliki selama semester  1 dan 2 saya nilai CUKUP untuk seorang ERLIN,padahal niatannya saya ingin nilai saya EXCELLENT.Apalagi kalo bukan karena ini impian ummi dan abi di kampung.Ingat bagaimana dulu ,guru di SMA memaksa saya untuk mengambil kuliah di universitas Brawijaya yang notabenenya kampus besar dan mahal(terbukti sekarang).

Berjuta cerita tentang kuliah di semester 1,bagaimana seorang Erlin yang mencoba peruntungan di kota Malang,tidak terbiasa dengan kultur masyarakat,mahasiswa,makanannya.Ini masa-masa terberat saat kuliah,bawaanya mau pulang,nangis di kontrakan kangen ortu.Imbasnya IP jelek poll,hihi 3,12 Gan.but lumayanlah dibanding teman-teman lain,maklum kasusnya sama.Sedang beradaptasi dengan suasana baru.Alhamdulillah bisa dapat beasiswa prestasi  juga .

NO KODE NAMA MATA KULIAH SKS NILAI
1 UNG4008 BAHASA INDONESIA 3 A
2 UBI4001 BAHASA INGGRIS 2 A
3 PIF4125 BIOLOGI DASAR 3 A
4 PIF4205 DASAR-DASAR MANAJEMEN 2 B+
5 MAF4112 FISIKA DASAR 3 C
6 MAK4111 KIMIA DASAR 3 C+
7 MAM4112 MATEMATIKA 3 C
8 PIF4102 PENGANTAR ILMU KELAUTAN DAN PERIKANAN 2 B+
JUMLAH SKS   : 21
SEMESTER : IP Lulus : 3.12 SKS Lulus : 21 MK Lulus : 8
IP Beban : 3.12 SKS Beban : 21 MK Beban : 8
KUMULATIF : IP Lulus : 3.12 SKS Lulus : 21 MK Lulus : 8
IP Beban : 3.12 SKS Beban : 21 MK Beban : 8

Lanjut ke semester 2,Ini sudah mulai agak dewasa.sudah mulai nyaman dengan peradaban baru di Malang,sudah mulai menyukai Kota dan udaranya dan sudah sering jalan-jalan di tempat rekreasinya kota Malang,akhirnya IP dan IPK pun naik,3,75 gan.hihi terlalu tinggi grafiknya dari semester 1 .senang sih iya,tapi mikir lagi kalo semester 3 ini turun,kan gak cantik banget grafiknya.hihihi.

NO KODE NAMA MATA KULIAH SKS NILAI
1 PIF4203 ICHTYOLOGI 3 A
2 MBB4009 ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR 3 B+
3 PIP4207 MANAJEMEN PELABUHAN PERIKANAN 3 B
4 PIF4203 METODE PENANGKAPAN IKAN 3 A
5 PIF4202 OCEANOGRAFI 3 A
6 PIP4106 PEMETAAN SUMBER HAYATI LAUT 3 A
7 UNG4001 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 3 A
8 MAM4137 STATISTIK 3 B+
JUMLAH SKS   : 24
SEMESTER : IP Lulus : 3.75 SKS Lulus : 24 MK Lulus : 8
IP Beban : 3.75 SKS Beban : 24 MK Beban : 8
KUMULATIF : IP Lulus : 3.46 SKS Lulus : 45 MK Lulus : 16
IP Beban : 3.46 SKS Beban : 45 MK Beban : 16

 

 

Terakhir ini ya semester 3,artinya saya gak tua-tua amat ya.Ini resolusi terbesar saya Gan,kenapa?karena saya memutuskan untuk pindah prodi ke prodi yang kata dosen dan mahasiswa adalah langkah yang GILA.dIjadikan bahan pembicaraan orang se fakultas,dimana-mana saya dibilang *maaf GENDENG* (gila),di prodi ini yang paling banyak praktikumnya ditambah mata kuliah yang padat sangat,alhasil masa kefuturan saya ada disini,jarang tilawah,shalat telat-telat,tahajud sekadarnya saja,itupun mengikuti cara Abu Bakar RA yang shalat tahajjud sebelum tidur karena memang saya jarang tidur.Bagaimana tidak selama 6 bulan kami di habiskan oleh membuat laporan setebal 300 halaman lebih pakai tulisan tangan ,itu baru 1 Mata kuliah yang bernama Fisiologi Hewan Air (FHA) ,belum mata kuliah lain (ada 8 mata kuliah ) yang semuanya ada laporan tulis tangan.hasilnya kami 1 angkatan menjadi stress,sensitive,emosional.Setiap hari,kami berangkat pukul 6 pagi dan pulang pukul 11 malam.Peraturan dawabith kader  agar pulang sebelum jam 8 malam sering saya langgar,sering dItegur mas’ulah kontrakan.Ini bukan kesengajaan,tapi  keadaan yang membuatnya sulit.Tak sedikit dari kami 1 angkatan 2009 yang sakit,semua berjatuhan  termasuk saya,sistem imun melemah.ya iyalah,tiap malam menghirup angin malam yang tidak baik untuk kesehatan,kadang tidur di kampus 1 angkatan apalagi kalau bukan membuat laporan praktikum.Tak jarang,saya berjumpa ikhwan-ikhwan dari kampus lain yang lagi main ke fakultas..MALU? iya!masa akhwat masih berkeliaran di kampus  jam 11 malam.Tapi tidak begitu saya tanggapi pandangan mereka ,Karena bagi saya.yang terpenting Allah tahu niatan saya dan orang terdekat saya juga tahu.Ah kok jadi panjang ceritanya bagian ini,iya gan.masalahnya ini adalah masa yang terberat buat saya dkk.Tapi Alhamdulillah sudah berakhir semua laporan (untuk semester ini),Tinggal laporannya yang telah di ACC asisten bertumpuk buruk di kontrakan.hihi tebalnya melebihi kamus oxford.Untungnya kata kakak tingkat sih yang terberat ya semester ini(AMIN).

laporan fisiologi hewan air
Laporan FHA dgn 9 materi,tebal:300 halaman lbh

RESOLUSI 2011

Jika di ingat-ingat tentang masa-masa diatas tadi,maka patutlah saya punya mimpi-mimpi besar untuk kesuksesan saya di masa mendatang.Ingat cerita tentang akhina Danang Prabowo dengan cerita SANG PEMBUAT JEJAKNYA yang membuat impian-impiannya di dinding kamarnya.Dan ini sudah ada dalam otak saya.Meskipun tidak begitu luarbiasa tapi namanya impian,tidak ada yang sama .biar tidak lupa dan memperbaiki yang telah berantakan .saya runut satu persatu ah agar mimpi dan keinginan tidak sekedar impian belaka,tapi juga di lakukan:

1.Saya Ingin memperbaiki amanah-amanah saya di kampus(LDK) dan amanah di internal (KAMMI,SANTIKA PKS)

2.Saya ingin memegang(lagi) Halaqah dan mentoring lagi

3.Saya Ingin mencari pekerjaan sambilan,misalnya guru privat,marketing

4.Saya Ingin menjadi asisten Praktikum(minimal 1)

5.Saya Ingin ikut berkompetisi di MTQ Brawijaya

6.Saya ingin ikut meramaikan kompetisi Karya Tulis Brawijaya

7.Saya ingin sudah memikirkan konsentrasi tema PKL dan skripsi saya

8.Saya ingin bisa desain grafis,pintar movie maker,adobe photoshop(asli saya gaptek gan!)

9.Saya Ingin Blog saya menjadi blog saya yang paling banyak di baca orang

10.Saya ingin aktif masak lagi di kontrakan yang sempat saya tinggalkan karena sibuk

Selebihnya ini pesan dari seorang mbak yang menginspirasi saya,namanya Rina  Latifah angkatan 2006

11.Lebih Dewasa lagi(asli saya kayak anak kecil dan manja pol)

12.Ingat Dawabith kader

Hohoho..panjang amat ni tulisan..Semoga terealisaskan. Tidak salah jika seorang motivator top, Khrisnamurti menuliskan dalam Bidadari Wordsnya, “First step to success, dare to dream big!

Tidak penting apa yang mereka katakan kepada Anda, yang terpenting adalah apa yang Anda katakan pada diri Anda sendiri (R.T.Kiyosaki).

6 thoughts on “Suka Duka Mahasiswa

    • Bener sekali ukhti ilmu memang bisa didapat dimana saja.
      Tapi, maaf ni sedikit koreksi..
      Ane g setuju kalau dikatakan bahwa Allah adalah guru. Memang pada hakikatnya semua ilmu berasal dari Allah, tapi ane bukan nabi, manusia suci yang mendapatkan ilmu langsung dari Allah, yang kita sebut wahyu…dan g mungkin juga ane jadi nabi sebab seperti yang kita ketahui bahwa pangkat nubuwat telah di tutup oleh junjungan alam, panutan kita semua, rasulallah Muhammad SAW.
      Jadi sangat, sangat, sangat dan teramat sangat berlebihan jika dikatakan langsung berguru pada Allah.
      Bahkan kata-kata itu bisa menjurus pada kekufuran..karena merendahkan sifat ketuhanan Allah dengan menganggap-Nya sebagai guru..Allah memang maha ‘alim..semua ilmu yang ada didunia ini berasal dari-Nya, tapi apakah ada diantara kita semua yang pernah bertemu dengan Allah dan mendapatkan pengajaran langsung dari-Nya??
      Allah memiliki sifat ‘ilmu dan kaunuhu ‘aliman, tapi menyebut-Nya sebagai guru sungguh lah tidak layak bagi-Nya. Sebab seperti yang kita tahu Allah maha agung memberikan hidayah, taufik, hikmah dan akal pada manusia, dari situlah kita bisa mendapatkan ilmu (melalui syari’at yang harus dijalani tentunya). Perlu diingat ukhti bahwa kita berada antara syari’at dan hakikat..ibaratnya kita sakit kemudian kita minum obat, lantas kita sembuh. Kesembuhan hakikatnya memang dari Allah, tapi untuk mendapatkannya kita butuh syari’at..ya minum obat itu tadi.

      Maaf ya ukhti ane bukan maksud mengajari, karena ane yakin ukhti pasti lebih mengerti dalam hal ini daripada ane..
      Makasih ya… Mudah-mudahan banyak hal bermanfaat yang bisa kita dapatkan dari pertemanan kita ini. Kalau ukhti ada waktu silahkan bermain ke blog ane.

  1. ini mah suka mahasiswa judulnya..
    IPnya bagus gitu..:)

    oia, smoga cita2 n resolusinya di 2011 tercapai..Aamiin..

    • Assalamu’alaikum Wr. Wb.

      sis, ane mo tanya IP Lulus ntu maksudnya apa ya?
      ngitungnya gmn?

      yg smstr 3 lum di upload!😀

      Mercy
      Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s